Sabtu, 25 Februari 2017

tentang 40 Fakta Mencengangkan tentang Alam Semesta [Flat Earth Ga Usah Masuk] -khaila

Banyak hal yang masih misteri dalam alam semesta kita. Perlu kita ketahui bahwa Allah yang menciptakan alam semesta yang sebesar ini untuk kita hidup. Banyak sekali para astronom dan ilmuwan yang terus belajar dan mencari tahu misteri misteri dalam alam semesta ini. Berikut sedikit fakta-fakta tentang alam semesta kita.


1). Bulan bergerak menjauhi bumi dengan kecepatan 3,8 cm pertahunnya. Pada awal terbentuknya, bulan hanya 22,5 ribu km, namun sekarang bulan berjarak 402 ribu km dari bumi.

2). Cahaya bintang yang kita lihat pada langit malam, adalah cahaya bintang beberapa tahun yang lalu.

3). Ada awan raksasa alkohol dalam Sagitarius B.

4). Dibutuhkan sekitar 225 juta tahun matahari untuk mengelilingi galaksi ini.

5). Bintang Neutron adalah objek berputar tercepat di alam semesta ini. Berputar sekitar 500 kali putaran dalam 1 detik.

6). Proxima Centauri adalah bintang terdekat dengan tata surya dan jaraknya sekitar 4 juta tahun cahaya.

7). Ilmuwan memperkirakan ada banyak planet yang bisa mendukung sebuah kehidupan untuk kita seperti Bumi.

8). Gempa di Jepang pada tahun 2011 sangat dahsyat hingga mempercepat rotasi bumi dan memperpendek hari sebanyak 1,8 mikrodetik.

9). Sekitar 1% dari "Semut-semut" yang terbentuk di layar statik televisi terbentuk dari radiasi Cosmic Microwave Background (CMB) sisa ledakan Big-Bang saat terciptanya alam semesta 13,7 Milyar tahun yang lalu.

10). Gunung tertinggi di tata surya ada di planet Mars yaitu Olympus Mons, tingginya setara dengan 3 kali Gunung Everest.

11). Mengingat teori Multiverse sudah diterima luas oleh para Ilmuwan, bukan mustahil bila alam semesta kita akan bertabrakan dengan alam semesta lain.

12). Di Konstelasi Libra, Ilmuwan menemukan bintang yang lebih tua dari alam semesta.

13). Inti sebuah bintang mencapai 16 juta derajat celcius. Sebutir pasir panas ini akan mampu membunuh seseorang yang berdiri 250 kilometer jauhnya.

14). Cahaya matahari butuh waktu 8 menit untuk sampai ke bumi. Cahaya matahari yang kita lihat adalah cahaya matahari 8 menit yang lalu.

15). Semakin besar ukuran suatu bintang, maka semakin pendek umurnya.

16). Kehidupan diketahui hanya ada di Bumi, tetapi pada tahun 1986 NASA menemukan sebuah fosil makhluk hidup pada batu yang mereka temukan di Mars.

17). Sarung tangan astronot mempunyai jari karet silikon yang memungkinkan astronot agar mendapatkan perasaan saat menyentuh sesuatu.

18). Jika anda jatuh ke lubang hitam, anda akan meregang seperti spageti.

19). Diperkirakan ada lubang putih yaitu lubang yang menyemprot keluar material atau cahaya yang dihisap oleh lubang hitam.

20). Nicolaus Copernicus adalah astronom yang pertama kali memperkirakan bahwa matahari adalah pusat, dan bumi mengelilingi matahari.

21). Ketika Neil Amstrong melangkah di bulan, ia mengeluarkan sebuah kalimat: "Ini adalah sebuah langkah kecil bagi seorang Pria; satu lompatan bagi umat manusia"

22). Komet Shoemaker-Levy 9 pernah menabrak Jupiter pada bulan Juli 1994. Itu adalah kecelakaan terbesar yang pernah disaksikan.

23). Rotasi bumi melambat dalam laju 17 mili detik per abad. Pada saat dinosaurus masih hidup, lama hari ialah 22 jam.

24). Gaya Gravitasi Jupiter menarik meteor raksasa yang masuk ke tata surya ke arahnya sehingga mencegahnya menghantam bumi.

25). Jika bumi seukuran sebutir anggur, maka jarak bumi dan matahari adalah sejauh 150 kilometer, jarak bumi ke jupiter sejauh 800 kilometer, dan jarak bumi ke bintang terdekat adalah 38,5 ribu kilometer.

26). Jika ada Alien tinggal di planet sejauh 65 juta tahun cahaya dan mereka menatap ke arah bumi saat ini, maka bumi yang mereka lihat adalah bumi dimana dinosaurus masih berkuasa.

27). Menurut teori relativitas Einstein, kekuatan gravitasi amatlah sangat besar hingga dapat membengkokkan cahaya, bahkan mampu membengkokkan ruang dan waktu sekalipun.

28). Lebih dari 100 satelit buatan diluncurkan ke luar angkasa setiap tahunnya.

29). Pesawat ruang angkasa tidak bisa mendarat di Jupiter karena permukaannya yang sebagian besar terbuat dari gas helium dan hidrogen.

30). Satelit terbesar di tata surya ialah Ganymede, satelit dari Jupiter.

31). Saturnus tidak padat, hampir seluruhnya terbuat dari gas.

31). Ceres adalah asteroid terbesar di tata surya.

32). Triton, satelit Neptunus adalah tempat terdingin di tata surya. Suhunya mencapai -236 derajat celcius.

33). Bom Hiroshima menghasilkan 84 trilliun energi. Supernova menghasilkan 125.000 kali lebih dari itu.

34). Gravitasi bulan adalah 17% dari gravitasi bumi. Sehingga astronot bisa melompat 4 meter di bulan.

35). Europa, satelit Jupiter ini memiliki lautan air di bawah permukaannya yang kering.

36). Bumi benar-benar membutuhkan 365,24219 hari untuk mengorbit Matahari, yang disebut satu tahun surya.

37). X-Ray tidak dapat menembus atmosfer bumi.

38). Yang dibutuhkan satelit untuk terbang ke ruang angkasa, momentumnya harus lebih besar daripada tarikan gravitasi bumi.

39). Matahari memiliki bintik-bintik. bintik tersebut 2000 derajat celcius lebih dingin dari permukaannya.

40). Saat menatap langit kita tak mungkin pernah membayangkan bahwa kita sedang menatap sebuah jurang tanpa batas dengan hanya gravitasi bumi membuat kita tergantung terbalik.

Sumber: Mengaku backpaker, amazingspacefact, dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar